Mengembalikan Hak Air Kita

Judul Asli : Blue Gold; Perampasan dan Komersialisasi Sumber Daya Air
penerbit   :
Gramedia Pustaka Utama (GPU)
Penulis    :
Maude Barlow dan Tony Clarke
Tebal       : 327 halaman
Ukuran     :
140 x 210
ISBN        : 9792212930 / 9792212930
Terbit       : 25 Maret 2005
Air, apakah hanya sebuah kebutuhan dasar atau kah hak asasi manusia (HAM)?
Pertanyaan inilah yang menjadi perdebatan hangat dalam World Water Forum yang dihadiri oleh 5700 orang selama 4 hari di The Hague Maret 2000.
Masyarakat yang terhimpun dalam Blue Planet Project memaksa agar air dipandang sebagai HAM yang universal.
Tapi, para penyelenggara WWF menginginkn agar air dipandang sebagai "kebutuhan" sehinga sektor swasta, melalui pasar, memiliki hak tuk menyediakan sumber daya yang sangat vital ini demi mendapatkan keuntungan.





Dalam Blue Gold, Maude Barlow dan Tony Clarke, dua orang yang paling aktif menentang tren itu, menujukkan bagaimana perusahaan-perusahaan raksasa itu bertindak demi kepentingan mereka sendiri dan bagaimana air hanya akan mengalir ke atas bukit, kepada mereka yang kaya dan mampu membelinya. Mereka juga mengingatkan kita dengan informasi dan strategi yang kita butuhkan untuk mencegah hal itu di negara kita sendiri dan secara global. Hanya ada satu tindakan yang harus kita ambil: kita harus menjadi penjaga air bersih yang bertanggung jawab.

Beberapa bulan ini kita akan menyaksikan betapa air sangat tdk berharga, disia-siakn, dicampakkan, & semua lupa bahwa akan hadir dimana tak lama setelah itu, AIR dirindu & dinanti.

:: buku yg akan membuat kita haus tuk terus membuka lembar demi lembar. Tentang konspirasi, korporasi, hegemoni, & kehidupan.


:: ini sy beli 5 th lalu dg harga murah, tapi tidak murahan. Ayo Beli Buku !

0 komentar:

Posting Komentar